Anda Berminat Memasang Iklan di Produk Kami?
Jangan Ragu-ragu, Hubungi:

Kantor Redaksi, Iklan dan Sirkulasi

Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Joglo Undip
Jl. Imam Bardjo SH No.2 Semarang 50241
Telp. (024)8446003
e-mail: lpmmanunggal@plasa.com
http://www.lpmmanunggal.com

07 April 2008

Break

Cegah Pemanasan Global dengan Mangrove

Pada Jumat-Minggu (14-16/3), Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (Kesemat) mengadakan kegiatan bertema Mangrove Cultivation 2008. Acara yang diselenggarakan di kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip di Teluk Awur Jepara ini diisi dengan penyuluhan dan penanaman bibit mangrove. Sebelum penanaman mangrove, terlebih dulu diadakan Seminar Global Warming pada hari pertama (14/3).
Diikuti 50 orang peserta, seminar itu menghadirkan perwakilan dari berbagai macam instansi. Selain dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), turut hadir wakil dari Wahana Lingkungan Hidup (WALHI), perwakilan Pemerintah Kabupaten Jepara, untuk membahas pemanasan global dari berbagai perspektif.
Dijelaskan dalam seminar, pembibitan mangrove jenis Rhizopora Apiculata, Ceriops Sp., dan Bruguiera Czylndrica merupakan salah satu upaya mencegah pemanasan global. Selain dapat menyerap Karbondioksida (CO2), mangrove juga efektif menahan abrasi pantai.
Sunanto Kusuma, salah satu panitia Mangrove Cultivation 2008 berujar, kegiatan ini merupakan salah satu bagian program kerja Kesemat. “Pertengahan tahun ini kami akan mengadakan Mangrove Replant,” kata Sunanto mengenai program lanjutannya yang masih terkait usaha pencegahan pemanasan global. (Alfi/ Manunggal)

Tidak ada komentar: