Anda Berminat Memasang Iklan di Produk Kami?
Jangan Ragu-ragu, Hubungi:

Kantor Redaksi, Iklan dan Sirkulasi

Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Joglo Undip
Jl. Imam Bardjo SH No.2 Semarang 50241
Telp. (024)8446003
e-mail: lpmmanunggal@plasa.com
http://www.lpmmanunggal.com

04 Desember 2007

Break

Undip Makin Hijau

Mengapa tanahku rawan kini
Bukit-bukit-pun telanjang berdiri
Pohon dan rumput-rumput enggan bersemi kembali
Burung-burung-pun malu bernyanyi....

SYAIR lagu di atas membuka tasyakuran dan sarasehan Aksi Penghijauan Undip di Gedung Rektorat Lantai 1 Universitas Di­ponegoro, Rabu (28/11) malam.
Dalam sambutannya, Men­teri Negara Lingkungan Hidup Rahmat Witoelar memuji langkah Undip menghijaukan kampus. ”Kampus Undip adalah kampus yang rindang, luas, asri, dan kon­sisten menjaga lingkungan hidup di area kampus,” ungkapnya.
Menurut Rahmat, pem­bangunan harus diikuti dengan pemeliharaan sumber daya alam. Setelah mengambil manfaat dari alam, harus dijaga keberlang­sungannya bagi generasi beri­kutnya. ”Bumi ini tengah menuju kehancuran ekologis. Perubahan iklim telah memicu mencairnya es di kutub bumi. Hal ini disebabkan ulah manusia yang memakai ban­yak energi sehingga menimbulkan gas-gas buang yang berefek rumah kaca,” tandas dia.
Rektor Undip Susilo Wibowo menyampaikan, Undip akan men­gajak mahasiswa dan sivitas aka­demika lebih peduli kepada ling­kungan kampus. ”Lima hingga tujuh mahasiswa akan memelihara satu pohon yang disediakan pihak Undip,” jelasnya. Dengan langkah ini, lanjut dia, impian menjadikan kampus Undip makin asri dapat melibatkan seluruh lapisan aka­demis.
Pagi harinya, di kawasan kam­pus Undip Tembalang digelar pena­naman pohon serentak. Sebanyak 2500 batang pohon ditanam dalam aksi penanaman itu. Kegiatan terse­but merupakan bagian dari aksi se­rupa yang diselenggarakan secara nasional. Di Jawa Tengah, sebanyak 3.047.771 batang pohon ditanam sebagai bagian aksi nasional.
Kampus Undip Tembalang memiliki luas 200 hektar dan terletak di daerah Semarang atas. Posisinya yang strategis diharap­kan menjadi pusat konservasi dan mitigasi lingkungan Semarang.
Undip tengah mengerjakan master plan kampus dengan kon­sep ecoedutorism. Sepuluh tahun ke depan, Undip akan mengada­kan program hutanisasi kampus hingga 60% dari keseluruhan lahan tanam. Diharapkan dengan konsep ini, akan terwujud kampus Undip yang sejuk, nyaman, indah, dan be­bas karbonmonoksida (CO) seka­ligus menjadi pusat rekreasi hutan kota di Semarang. Undip juga telah memiliki duta lingkungan Undip, Poppy Dharsono.
Pentas seni Green Campus in Action turut pula digelar malam itu. Puluhan mahasiswa ikut un­juk gigi memperebutkan piala yang diserahkan Menteri Negara Lingkungan Hidup. (Rochmat Ali Syaefudin/ Manunggal)

Tidak ada komentar: